DaerahPendidikan IslamPesantren

Wujudkan Santri Sehat, Pesantren Al-Hamidiyah Adakan Senam Sehat

Depok – Olahraga adalah aktivitas yang sangat penting untuk menjaga kesehatan jangka panjang nantinya. Namun, tidak sedikit masyarakat yang mulai meninggalkan aktivitas ini. Alasannya tentu saja karena kesibukan yang terjadi di lingkungan masyarakat, terutama masyarakat di pedesaan yang sangat mengabaikan kesehatan mereka.

Berbeda dengan Pesantren Al-Hamidiyah yang berada di Sawangan kota Depok, untuk senantiasa menjaga kesehatan para santri, Program Pembina Asrama diperbantukan oleh ikatan pengurus Al-Hamidiyah (ISPAH) dan Lembaga Ta’mir Masjid (LTM) serta pengurus OSIS 2020-2021 mengadakan senam sehat pagi yang dilaksanakan di depan area parkir depan Pesantren. Acara yang digelar Rabu pagi (28/04/2021) ini, berlangsung meriah dengan dihadiri oleh kelas VII, VIII, dan kelas X, XI santri New Normal Program Ramadhan 1442 H.

Dengan diadakannya senam pagi, para santri mampu menyadari pentingnya kesehatan bagi mereka, kesehatan merupakan hal utama yang perlu mereka jaga di tengah kesibukan kegiatan pondok yang tidak pernah berhenti selama 24 jam.

Seperti kutipan pidato Bapak Kepala Pengasuh Pesantren Prof. KH. Oman Fathurahman, M. Hum. yang sering kita dengar: “Al-Aqlus Salim fi Qolbis Salim wa Jismis Salim”
Akal yang sehat terdapat pada hati yang sehat dan badan prima, Pungkasnya.

Menurut pembina asrama Al Hamidiyah Ustadz Mun’im, salah satu upaya untuk mencegah penyebaran covid19, pencegahan dari luar seperti menggunakan masker, social distancing, dan rajin mencuci tangan sangat dianjurkan.

Namun yang terpenting juga adalah pencegahan dari dalam, yaitu senantiasa menjaga pikiran dan perasaan tetap positif, mengkonsumsi makanan bergizi, minum vitamin, dan yang terpenting adalah berolahraga secara teratur agar tubuh dan pikiran kita sehat. Ujar Ustadz Mun’im yang juga pengurus Pergunu Kota Depok tersebut.

Senam pagi di Pondok Pesantren yang didirikan oleh KH Ahmad Achmad Sjaichu, kegiatan rutin ini dipandu dan dibimbing langsung oleh para Asatidz.

Mengapa senam dipilih para santri, karena banyak manfaat senam pagi bersama yang penting diketahui, sehingga kegiatan ini bisa dilestarikan, ditiru komunitas lain, bahkan dikembangkan.

Di suasana menjalankan ibadah puasa, tak banyak orang yang mau beraktivitas setelah sahur dan shalat subuh, kebanyakan mereka memilih untuk melanjutkan istirahat (tidur), tetapi di pondok pesantren Al Hamidiyah para santri di ajak untuk beraktifitas olah raga bersama, dengan tetap menjaga protokol kesehatan yang ketat.

Hakim Hasan

Artikel yang berkaitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close