AqidahKe NU-ANOpini

Tradisi Ziarah di Bulan Sya’ban, Adakah Dalilnya?

Bulan sya’ban telah tiba, sesuai dengan keputusan lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama, untuk tahun 2022 bulan sya’ban jatuh bertepatan dengan tanggal 4 Maret 2022. sebagian masyarakat kita menamakan bulan sya’ban dengan bulan ruwah/rowah. Kata ruwah identik dengan kata arwah, memang keduanya saling berhubungan.

Dinamakan bulan ruwah karena bulan ini adalah bulan di mana para arwah leluhur yang telah mendahului kita menengok keluarga yang ditinggalkan di dunia.

Dan sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Islam di Nusantara, umat Islam pada umumnya, keluarga yang masih hidup berbondong-bondong mendoakan arwah para leluhur menjelang bulan ramadhan. Baik melalui do’a, ziarah bersama, maupun menggelar sedekah, serta pembacaan tahlil, maulid dan manakib.

Dalam kitab Kasyf as-Syubuhat as-Syaikh Mahmud Hasan Rabi hlm. 129 diterangkan tentang ziarah dan amalan-amalannya:

(قَالَ النَّوَاوِيُّ) فِىْ شَرْحِ اْلمُهَذَّبِى يُسْتَحَبُّ يَعْنِى لِزَائِرِ اْلاَمْوَاتِ اَنْ يَقْرَأَ مِنَ اْلقُرْآنِ مَا تَيَسَّرَ وَيَدْعُوْ لَهُمْ عُْبَاهَا نَصَّ عَلَيْهِ الشَّفِعِيُّ وَالتَّفَقَ عَلَيْهِ اْلاَصْحَاب

Dalam Syarh al-Muhadzdzab imam an-Nawawi berkata adalah disunahkan bagi seorang yang berziarah kepada orang mati agar membaca ayat-ayat Al-Quran sekadarnya dan berdo’a untuknya. Keterangan ini diambil dari teks imam Syafi’I dan disepakati oleh para ulama yang lainnya.

Dari keterangan diatasi, bahwa Amaliyah-amaliyah warga NU mempunyai dasar dalilnya, dan senantiasa mengikuti arahan para alim ulama dalam melaksanakan ibadah baik yang wajib maupun yang Sunnah.

Habib Ahmad bin Hasan Alaydrus, wakil ketua pengurus cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) kota Depok, pada Kamis, (3/3) diakhiri bulan Rajab, melaksanakan ziarah kubur, di makam seorang ulama NU yang pernah menjadi A’wan PBNU di masa kepemimpinan Almaghfurlah KH Abdurrahman Wahid.

Ulama tersebut dikenal dengan keluasan ilmunya, Habib Hamid bin Alwi bin Hud Alattas adalah satu dari sedikit Habib yang toleran, pro persatuan, egaliter dan tidak suka menonjolkan diri, meski berilmu dan berwawasan serta punya pengaruh luas.

Beliau adalah seorang pemuka agama Islam di Indonesia yang berdakwah ke berbagai daerah untuk menyerukan pentingnya Persatuan Islam demi Islam yang Satu.

Di setiap tanggal 27 Rajab, tepatnya di Masjid Jami Al Hikmah yang di kelola oleh KH Shihabuddin Ahmad, Rois Syuriyah PCNU Kota Depok, melaksanakan Peringatan Haul Almarhum Almaghfurlah Habib Hamid. Karena, beliau di makamkan di masjid tersebut, lantaran permintaan para murid-muridnya almarhum.

Tradisi Ziarah Kubro, Haul sekaligus peringatan Isra wal Mi’raj Nabi Muhammad SAW kerap dilaksanakan bersamaan di Masjid yang terletak di Jalan Menpor kampung Arman Rt 01/007 Kelurahan Tugu Kecamatan Cimanggis Kota Depok, Jawa Barat.

Dalam acara haul, kerap dihadiri oleh para alim ulama, Habaib dari berbagai daerah, sebagai khidmat dan rasa cinta kepada Habib Hamid Alattas.

Abdul Hakim Hasan

Tags

Artikel yang berkaitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close