DaerahKe NU-ANLembaga & Otonom

Terus Lakukan Pergerakan Kaderisasi, Ansor Sukmajaya Gelar PKD Terbatas

Pimpinan Anak Cabang ( PAC) Gerakan Pemuda Ansor ( GP Ansor) melalui musyawarah mufakat berkomitmen bergerak melakukan kaderisasi secara berjenjang untuk memperkuat organisasi. Hal ini dibuktikan dengan adanya kegiatan Pelatihan Kader Dasar (PKD) dengan peserta terbatas pada Jum’at-Sabtu 18-19 Juni 2021 di gedung PCNU, Kalimulya, Cilodong.

Kegiatan PKD dilakukan dengan peserta terbatas karena dalam rangka upaya menghindari dampak buruk penularan Virus Corona.

Abdul Rohim, Ketua GP Ansor Sukmajaya di sela-sela kegiatan menyampaikan tujuan kegiatan bahwa pentingnya kaderisasi harus dijalankan. Hal ini sejalan dengan amanah Peraturan Dasar (PD GP Ansor) yang disebut dalam mukudimah Peraturan Dasar.

“Bahwa sesungguhnya generasi muda Indonesia sebagai penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani bagi pembangunan nasional, perlu senanti asa meningkatkan pembinaan dan pengembangan dirinya, untuk menjadi kader bangsa yang tangguh, yang memiliki wawasan kebangsaan yang luas dan utuh, yang bertaqwa kepada Allah SWT, berilmu, berketrampilan dan berakhlaq mulia,” terangnya.

Abdul Rohim Juga mengingatkan bahwa Ansor sebagai organisasi kepemudaan yang beridiologi Aswaja wajib memahami Aqidah yang dianut,

“Ya perlu diingat bersama, Gerakan Pemuda Ansor beraqidah Islam Ahlusunnah wal Jama’ah yang dalam bidang aqidah mengikuti madzhab Imam Abu Hasan Al-Asy’ari dan Imam Abu Mansur al-Maturidi; dalam bidang fiqih mengikuti salah satu dari Madzhab Empat (Hanafi , Maliki, Syafi ’i dan Hambali); dan dalam bidang tasawuf mengikuti madzhab Imam al-Junaid al-Bagdadi dan Abu Hamid,” tegasnya.

Gerakan Pemuda Ansor, Lanjutnya Rohim, juga sebagai generasi bangsa harus digembleng berdasarkan asas pancasila. Yakni berasaskan Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang beradil dan beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan/per wakilan dan Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Rohim yakin apabila proses kaderisasi dilalui berdasarkan PD GP Ansor semua kader tidak akan tersesat dalam berfikir dan berkomitmen kepada organisasi, Bangsa, Serta Negara yang majemuk.

“Tujuan organisasi jelas kok, Membentuk dan mengembangkan generasi muda Indonesia sebagai kader bangsa yang cerdas dan tangguh, memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, berkepribadian luhur, berakhlak mulia, sehat, terampil, patrioti k, ikhlas dan beramal shalih. Kedua Menegakkan ajaran Islam Ahlussunnah wal Jama’ah di dalam wadah Negara Kesatuan Republik,” tegasnya.

Untuk diketahui, kegiatan PKD ini dengan protokol kesehatan yang ketat. Panitia menyiapkan Handsanitizer dan masker selama kegiatan. Lebih dari itu panitia juga menyemprotkan cairan Disinfektan berkala.

Kontributor: Maula Malik Ahmad

Tags

Artikel yang berkaitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close