DaerahLembaga & Otonom

Sebelum Pelantikan, Pimpinan Komisariat IPNU-IPPNU Al-Muhtadin Adakan Makesta

Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Perempuan Nahdlatul Ulama (IPPNU) telah dilantik oleh Pengurus Cabang IPNU-IPPNU Kota Depok pada Sabtu pagi, (16/2/2020).

Walaupun PK IPNU-IPPNU Al-Muhtadin masih seumur jagung, mereka tidak kalah dengan pengurus IPNU-IPPNU lain yang sudah lama. Ya benar saja, mereka sebelum dilantik oleh pengurus PC IPNU-IPPNU telah mengadakan kaderisasi organisasi tingkat awal yakni Masa Kesetiaan Anggota (Makesta).

Secara pengertian Makesta (Masa Kesetiaan Anggota) Makesta adalah Pelatihan singkat yang memuat pengenalan tentang Faham Ahlussunah Wal Jama’ah (ASWAJA), IPNU (Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama) – IPPNU (Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama) dan materi lain sebagai syarat menjadi anggota IPNU/IPPNU yang sah.

Kegiatan Makesta sendiri diikuti oleh peserta dari berbagai perwakilan Pondok Pesantren, diantaranya perwakilan dari Pesantren Assa’adah, Pondok Terong, Pesantren As-Salamah Pondok Terong, PP Al-Hidayah Rawa Denok, dan SMK Al-Muhtadin.

Kegiatan Makesta ini didukung penuh oleh Pengurus Cabang (PC) dan Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU). Hal ini dibuktikan, pada sesi pembukaan kegiatan tersebut, banyak pengurus MWCNU Cipayung yang hadir, antara lain ketua MWCNU Cipayung dan Wakil Ketua PCNU.

Dalam Kegiatan Kaderisasi IPNU-IPPNU tingkat dasar ini banyak sekali materi-materi wajib yang disampaikan kepada peserta. Menurut informasi panitia adapun materi penting yaitu Keaswajaan, ke IPNU-IPPNU an, Keorganisasi, dan Analisis Swot.

Untuk narasumber dari materi-materi tersebut, panitia menghadirkan pemateri sesuai keahlian di bidang masing-masing. Adapun dari wakil Ketua PCNU, Ustadz Triyono memberikan materi Aswaja. Materi penguatan Ideologi NU oleh Wakil Syuriah PCNU Depok, KH. Drs Muhammad Harirudin.

Selanjutnya materi Keorganisasian oleh Fauzi Ketua PAC. Cilodong, materi IPPNU oleh Nia Agustin Ketua PC IPPNU Kota Depok, materi IPNU oleh Johan Ketua PC IPNU Kota Depok, dan materi terakhir Analisis Swot oleh Khoirullah Ketua PAC Cipayung. Acara kemudian ditutup dengan doa oleh KH. Muhtadin.

Diketahui Pimpinan Komisariat IPNU yang diketuai oleh sahabat Afrialdi Osnandar dan IPPNU diketuai oleh Rifda Fasyamalda.

Pelantikan PK dilakukan oleh Sekretaris Jendral PC IPNU kota Depok sahabat Awad Mukaffi dan dan didampingi oleh Wakil Ketua IPPNU Kota Depok, Nadya Zahratul Uyuni.

Kontributor: Ahmad Ridwan | Editor: Sodiqul Anwar (Tim Media LTN NU Depok)

Artikel yang berkaitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close