Lembaga & OtonomNasional
Terkini

Rapat Koordinasi Perwakafan: Media Silaturahmi LWP PCNU se Jawa Barat

Lembaga Wakaf dan Pertanahan (LWP) PCNU Kota Depok menghadiri Rapat Koordinasi Perwakafan yang diselenggarakan oleh LWP PWNU di Kantor PWNU Jawa Barat, pada Sabtu, 14 Maret 2020. Rapat ini juga melibatkan lembaga-lembaga NU seperti Lazisnu dan Lembaga Penyuluhan dan Bantuan Hukum (LPBH) NU.

Muhammad Zainal Fanani selaku ketua LWP PCNU Kota Depok, menyampaikan pentingnya menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Perwakafan bersama pengurus LWP NU se Jawa Barat.

“Rapat koordinasi ini juga menjadi media silaturahim dan berbagi cerita terkait dinamika proses perwakafan yang dilakukan oleh masing-masing LWP PCNU dari beberapa kota di Jawa Barat,” kata Zainal Fanani di sela-sela kegiatan Rapat Koordinasi Perwakafan.

Zainal Fanani menambahkan, dalam forum tersebut banyak peserta rapat bercerita-cerita tentang kesuksesan mengelola wakaf di derah masing-masing. Begitu juga sebaliknya, tidak jarang pengurus LWP mendapati kendala di lapangan saat proses pengurusan Akad Ikrar Wakaf (AIW) ataupun sertifikasinya.

Diketahui KH. Dr. Tatang Astarudin, selaku ketua LWP PWNU Jawa Barat, dalam sambutan pada sesi pembukaan acara, mengingatkan kepada pengurus LWP yang hadir tentang pentingnya upaya menjaga aset Wakaf.

“Wakaf itu menjadi salah satu benteng terakhir dalam menjaga marwah lembaga NU. Karena dengan wakaf tersebut, NU bisa menjaga fikroh, harokah dan amaliyah NU,” terang KH. Dr. Tatang Astarudin saat memberi sambutan.

Rapat Koordinasi Perwakafan: Media Silaturahmi LWP PCNU se Jawa Barat

Berdasarkan hasil catatan di lapangan, dalam forum Rapat Koordinasi Perwakafan LWP NU se Jawa Barat telah menghasilkan beberapa rekomendasi, antara lain;

1) LWP PWNU akan mendorong pembentukan LWP di tingkat PCNU di seluruh kota atau kabupaten di Jawa Barat.

2) Bermitra dan bekerja sama dengan lambaga-lembaga NU yang lain, seperti LAZISNU, LPBH NU dan lembaga-lembaga lainnya.

3) Merekomendasikan kepada PCNU yang telah membentuk LWP untuk melakukan MoU dengan instansi-instansi terkait di tingkat kota atau kabupaten, seperti misalnya MoU dengan Polres, Departemen Agama, Kementrian Agraria dan Tata Ruang Kota/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), serta ikatan notaris di masing-masing tingkat kota/kabupaten.

4). LWP PW NU Jawa Barat akan mengadakan road show ke LWP cabang untuk penguatan SDM dan melakulan pendampingan LWP cabang yang mengalami kendala.

Kontributor: Niftita Hetin | Editor: Sodiqul Anwar (Tim Media LTN NU Depok)

Tags

Artikel yang berkaitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close