DaerahPesantren

Pesantren Tahfidz Depok Dapat Izin Operasional, Pengasuh: Bersyukur dan Siap Mendidik Calon Santri

Kabar gembira buat orang tua warga Depok yang menginginkan anaknya menjadi seorang penghafal Al-Qur’an. Betapa tidak kini salah satu pondok pesantren Tahfidz Qur’an yakni Pondok Pesantren Tahfidh Ahlul Qur’an (PTAQ) Depok resmi kantongi izin operasinal pondok pesantren (IOP), serta siap menampung calon santri penghafal Alqur’an.

Adapun Izin operasional pesantren dengan nomor statistik 512332760069 tersebut ditandatangani oleh H. Asnawi, S.Ag selaku Kepala Kementrian Agama Kota Depok pada . 16 Septmber 2020. Adanya izin tersebut secara peraturan sah dan berhak menjalankan fungsi-fungsi yang melekat pada pondok pesantren. Seperti fungsi pendidikan, fungsi transformasi ajaran agama dan fungsi lainnya yang diakaui oleh pemerintah.

“Sangat bersyukur atas terbitnya izin operasinal pesantren Tahfidh Ahlul Qur’an ini,” tutur pengasuh yang sekaliagus wakil katib rois majelis ilmi PC JQHNU itu.

Ia mengakui, untuk mendapatkan surat ijin operasional ini, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi.

“Adapun syarat pengurusan IOP antara lain, minimal memiliki 15 santri, memiliki ruang belajar dan asrama yang datanya telah terverivikasi. Kemudian dilakukan visitasi lapangan untuk mengonfirmasi data yang sudah diperoleh’” imbuhnya.

PTAQ, lanjutnya, merupakan pesantren yang fokus membimbing santri untuk menghafal Al Qur’an pada usia anak-anak dan remaja. Saat ini jumlah santrinya mencapai 50 santri. Selain menerima santri yang mampu membayar syahriyah secara penuh, PTAQ juga menerima santri yatim dan kurang mampu. Dengan syarat mereka sungguh-sungguh dalam menghafal Al Qur’an.

“tiak hanya santri yang mampu saja, Kami juga menerima santri yatim dan kurang mampu yang sungguh-sungguh mau menghafal Al Qur’an. Soal kebutuhan makan, kami yang tanggung,” kata pengasuh yang pernah nyantri di Pesantren Yanbu’ul Qur’an Kudus itu.

Ia berharap kepada masyarakat Depok, khususnya para calon wali santri tidak ragu lagi memilih pesantren PTAQ sebagai tempat menghafal Al Qur’an bagi putra-putrinya. Terlebih lagi, pesantren PTAQ merupakan pesantrena yang berhaluan Ahsunnah wal Jama’ah Annahdliyah dan langsung dibimbing oleh pengasuh yang memiliki sanad Al Qur’an muttashil sampai ke Rasulullah.

Pondok Pesantren Tahfidh Ahlul Qur’an (PTAQ) terletak di Jl. Jemiin No. 111, Kali Mulya, Cilodong, Depok. Dua kilo meter dari kantor PCNU Depok.

Pewarta: Moch Ikmaluddin | Editor: Sodiqul Anwar (Tim Media LTN NU Depok)

Artikel yang berkaitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close