DaerahLembaga & OtonomNasionalTokoh

Peringati HUT RI ke 76, PCNU Kota Depok Gelar Munajat Cinta Tanah Air

Memasuki bulan kemerdekaan Indonesia dan tahun baru Islam 1 Muharam 1443 H yang jatuh pada tanggal 10 Agustus 2021. PCNU Kota Depok gelar istighotsah sekaligus Ijazah Aam Istighotsah Yamisda Al Ihsan secara virtual. Senin (9/8/2021). Kegiatan ini bertujuan untuk menyambut tahun baru hijriah, memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia ke 76, serta mendoakan keselamatan bangsa Indonesia.

Ustadz Achmad Solechan selaku Ketua PCNU Kota Depok menyampaikan, pelaksanaan kegiatan “Indonesia Bermunajat” ini ditujukan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah.

“Kegiatan ini merupakan tasyakuran HUT RI ke 76, di samping itu juga untuk menyambut tahun baru hijriah 1 Muharam 1443 H serta memohon keselamatan dan perlindungan kepada Allah Subhanahu Wata’ala,” ucap ketua PCNU kota Depok dalam sambutannya.

Ia menambahkan, Indonesia lahir bukan karena pemberian juga bukan karena hadiah, melainkan Indonesia ada karena perjuangan dan pengorbanan darah juga air mata.

“Jika ada yang kurang mari kita perbaiki bersama, dan jika masih ada yang perlu kita benahi mari kita benahi bersama,” katanya.

Disampaikannya juga bahwa ijazah istighotsah Yamisda Al Ihsan ini diharapkan dapat dijadikan istighotsah rutinan oleh seluruh pengurus, kader, dan warga Nahdlatul Ulama, khususnya di kota Depok.

“Kami berharap setelah ijazah Aam ini dilaksanakan, seluruh pengurus, kader, dan warga Nahdlatul Ulama, khususnya di kota Depok dapat mensyiarkan istighotsah Yamisda Al Ihsan ini secara kontinu, minimal sekali dalam sebulan yakni setiap malam Selasa Wage,” tuturnya.

Lebih lanjut KH. Syihabuddin Ahmad selaku Rais Syuriah PCNU Kota Depok menambahkan, istighotsah merupakan salah satu bentuk dzikir, dan sebaik-baik dzikir adalah yang dilakukan dengan hati dan lisan.

“Istighotsah merupakan salah satu bentuk metode dzikir. Adapun dzikir itu dapat dibagi menjadi dua, yaitu dzikir lisan dan dzikir hati. Namun dzikir yang paling baik dan utama adalah dzikir yang dilakukan dengan keduanya, yakni dengan hati dan lisan,” terangnya.

Untuk diketahui kegiatan ini dilakukan secara offline dan online yang tersebar di beberapa titik, di antaranya di gedung PCNU kota Depok, Pondok Pesantren Adnan Al Charish Bojonegoro, dan Zoom Meeting dari rumah masing-masing. Selain itu kegiatan ini juga disiarkan secara langsung di Channel Youtube LTN NU Kota Depok dan Yamisda Al Ihsan.

Ijazah Aam istighotsah Yamisda Al Ihsan langsung disampaikan oleh KH. Ustad Mangku Alam (Gus Sentot) Pengasuh Pondok Pesantren Adnan Al Charish Bojonegoro yang juga merupakan Putra dari Shohibul Istighotsah “YAMISDA” yakni KH. Abdul Malik Ihsan Jampes Kediri.

Pewarta: Eqtafa Berrasul Muhammad

Tags

Artikel yang berkaitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close