DaerahLembaga & Otonom

PCNU Depok Gelar Vaksinasi Tahap I, Tercatat 300 lebih Pendaftar

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Depok, bekerjasama dengan Polres Metro Depok menggelar Vaksinasi tahap I gratis untuk masyarakat Depok pada Sabtu, 24 Juli 2021, di Di Gedung PCNU Kota Depok di Jl. Raya Kalimulya No 5B RT 01/05, Kalimulya, Kec. Cilodong, Kota Depok. adanya kegaitan tersebut masyarakat antusias mengikuti kegiatan vaksinasi, tercatat 300 lebih pendaftar.

“Vaksinasi masal ini bekerjasama, kebetulan polri ada program Bakti Kesehatan Bhayangkara dalam rangka Hut Bhayangkaran ke 75 tahun 2021. Kita komunikasi, PCNU siapkan tenaga medis dan relawan, termasuk tempat. Hasilnya sekarang terlaksana vaksinasi dengan lancer dan aman,” ucap Utazd Idham Zulkarnaen, selaku penanggungjawab teknis pelaksanaan, di sela-sela kegiatan berlangsung.

Ia menegaskan kegiatan ini sengaja dilakaukan dalam rangka mewadahi masyarakat akar rumput yang belum mendapatkan akses informasi Vaksin gratis. Terutama untuk warga NU dan masyarakat umum yang belum Vaksin.

“Makanya jauh sebelum pelaksanaan informasi ini kita sebar ke publik, baik melalui media sosial, dan jaringan tokoh masyarakat dan tokoh agama. Untuk prosentase peserta sendiri yang mengikuti Vaksin dari warga NU kurang lebih 25 persen dari quota yang ada, sisanya masyarakat umum,” ungkapnya.

Ustadz Idham sapa akrabnya menambahkan, kegiatan ini juga didukung penuh oleh Tenaga Medis dan Tim Relawan dari keluarga besar PCNU Depok, terutama kader dari berbagai Lembaga teknis dan banom yang kompeten di bidang Kesehatan dan kebencanaan.

“Tim relawan banyak, relawan ada perwakilan dari Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU), Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU), Satuan Banser Tanggap Bencana (Bagana), Banser, IDNU, dan pendanaan dari Lazisnu-NUCare, dan support para dewan Tanfidziyah dan Syuriayah,” kata Ustadz Idham.

Kapala Polisi Resort Metro Depok KBP Imran Edwin Siregar, S.I.K mengatakan, untuk menyukseskan Program Bakti Kesehatan Bhayangkara, arahan dan di bawah tanggungjawab Kapoldametrojaya, Irjen. Pol. Dr. M. Fadil Imran.M. SI agar bermitra dengan kelompok otoritas keagamaan. Diantaranya bekerjasama dengan organisasi keagamaan seperti PCNU Depok.

“Sekaligus menunjukan bahwa Vaksin Halal dan Aman. Vaksin bertujuan untuk menciptakan kekebalan kelompok. (Herd immunity) agar masyarakat menjadi lebih produktif dalam menjalqnkan aktifitas keseharian,” ujarnya.

Ustadz Achmad Solechan Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama mengucapkan terimakasih atas kepercayaan masyarakat dan pihak Polri sehingga kami diberi kesempatan bermitra dalam hal pelayanan Kesehatan di tengah Pandemi Covid-19.

“Walaupun berlangsungnya ada beberapa kendala teknis, itu wajar, kita langsung evaluaasi. Tapi yang terpenting, karena organisasi NU itu berkawan dengan masyarakat menengah ke bawah, yang rentan tidak mendapatkan akses Kesehatan, terutama Vaksin. Nah Kegitan ini dalam rangka upaya agar mereka mendapatkan pelayanan lebih mudah dan dekat. Termiakasih untuk semua yang ikut menyukseskan kegiatan ini,” katanya teriring doa kebaikan dari Dewan Syuriyah.

Agur Punomo, Tim Publikasi Bagana Depok

Tags

Artikel yang berkaitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close