DaerahLembaga & OtonomTokoh

NU Depok Tuntaskan Safari Ramadhan di 11 Kecamatan

DEPOK-Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Depok menyemarakkan bulan suci dengan beragam kegiatan di masyarakat. Salah satunya melalui kegiatan syiar Safari Ramadhan di 11 Kecamatan. Hal itu dibenarkan Ketua PCNU Kota Depok KH. Achmad Solechan, M.Si. “Safari Ramadhan sebagai program menyemarakkan ramadhan yang penuh berkah. Program untuk memperkuat silaturahmi, persaudaraan dan keguyuban. Saling mempererat rasa persaudaraan dan kebersamaan di bulan suci ramadhan,”ujarnya ditemui di Kantor PCNU Kota Depok, Kalimulya, Cilodong.

Kiyai Alex biasa disapa ini mengingatkan bahwa melalui Safari Ramadhan merupakan bagian dari syiar dan dakwah. Yakni memperkuat tradisi dan amaliyah Ahlussunah Wal Jamaah (Aswaja) yang tumbuh dengan baik sebagai tradisi amaliyah dan membumi di masyarakat.
“Kita merawat amaliyah ramadhan ala Aswaja NU di Kota Depok. Suasana dan kondisi ramadhan di Indonesia sangat baik, bahkan bisa menjadi destinasi wisata religi di dunia.
Tentu, setalah melewati masa pemilu kita sama-sama kembali kuatkan rasa Nasionalisme, melepaskan sekat perbedaan, kembali membangun agenda Nasional dan bangsa,”jelasnya.

Menurutnya, secara internal sebagai ajang mengkonsolidasikan seluruh Pengurus NU tingkat Cabang hingga Ranting dan Badan Otonom yang ada di NU Depok. Ia menambahkan, agenda kegiatan berjalan lancar dengan warga atau Pengurus menerima dengan hangat dan senang hati. “Masyarakat menerima program safari dengan antusias berjalan di 11 Kecamatan. Di acara penutupan dengan berkumpul di Kantor NU dengan buka puasa, tarawih dan pertemuan rapat. Sebagai tindak lanjut penguatan organisasi di tingkat MWCNU membagikan kaleng koin dan berbagi kebahagiaan kepada pengurus,”jelasnya.

Hal senada diungkapkan Koordinator kegiatan Safari Ramadhan Wakil Ketua PCNU Kota Depok Ust. Triyono. Menurutnya, Safari Ramadhan sebagai agenda tahunan juga ajang sosialisasi program NU. Ia menambahkan, dalam setiap pertemuan membawa penceramah dari jajaran Syuriah dan Mustasyar NU Depok. “Untuk tema yang disampaikan seputar amaliyah dan tradisi ke-NU sehari-hari di masyarakat. Sedangkan, dari Pengurus PCNU Depok menyampaikan tentang keorganisasian NU dari tingkat Cabang/Kota sampai dengan Ranting/Kelurahan,”harapnya.

“Animo masyarakat NU di tempat yang dikunjungi sangat positif dan membuka wawasan buat mereka. Harapannya, tumbuhnya kader dan jamaah di tingkat Ranting yang dapat mensyiarkan ke-NU-an dan Islam Rahmatan Lil Alamin, Islam moderat. NU semakin memberikan manfaat bagi masyarakat Depok,”tandasnya.

Dalam setiap agenda Safari Ramadhan di masjid di mulai dengan buka bersama yang difasilitasi oleh MWCNU dilanjutkan tarawih berjamaah, ceramah sambutan dan pemberian kenang-kenangan dari NU Depok. Sejumlah agenda kegiatan NU Depok di bulan Ramadhan diantaranya: tarawih one night one juz oleh JQHNU, Kajian Kitab Kuning, Semaan Al-Qur’an (baca tanpa teks Al-Qur’an 30 juz), penerimaan dan penyaluran Zakat Infaq dan Shodaqoh, dan lainnya.

Tags

Artikel yang berkaitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close