Lembaga & Otonom
Terkini

NU Depok Beri layanan Advokasi Hukum Kepada Masyarakat

Lembaga Penyuluhan dan Bantuan Hukum (LPBH) PCNU Depok satu minggu terakhir, di bulan Februari 2020 telah
menyelesaikan kasus paling menyita tenaga dan pikiran.

Diakui oleh LPBH NU Depok, dari enam kasus yang ditangani, satu kasus pembagian hak warisan yang menyertakan lembaga keuangan dinilai paling berat.

“Dalam kasus ini kita menggunakan beberapa skema. Pertama, kita berusaha selesaikan secara kekeluargaan. Langkah ini banyak tantangan,” terang Alvi Husnaini selaku Sekretaris LPBH NU Depok,

Alvi menambahkan, sempat ada unsur ancaman dan kordinasi ke pihak kepolisian, namun bisa diselesaikan. Akhirnya pihak antar keluarga sepakat berdamai.

“Skema kedua, kita lakukan upaya legalitas Hukum Atas hak waris yang sudah dibagai. Kita kordinasi dengan jasa akta tanah ke Notaris. Alhamdulillah Notarisnya mau diajak kerjasama sehingga dapat harga khusus,” kata Alvi.

Selanjutnya langkah ke tiga, lanjut Alvi, melakukan kordinasi kepada pihak lembaga keuangan. Ia pun menambahkan proses penyelesaian butuh waktu dan kerja keras

“Kita melakukan advokasi ini membutuhkan waktu 2 bulan, dengan volume seminggu dua kali kita melakukan kordinasi ke beberapa pihak, namun itu kita lakukan karena di NU Depok diajarkan untuk mengabdi kepada masyarakat,” kata Alvi.

Diketahui, LPBH NU Depok siap setiap waktu untuk memberikan layanan konsultasi dan bantuan Hukum kepada masyarakat Depok. Caranya mudah, datang ke kantor langsung atau bisa kontak ke nomor ini (0895360712508)

Kontributor: Sodiqul Anwar (Tim Media LTN NU Depok)

Tags

Artikel yang berkaitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close