AmaliahAqidahDaerahLembaga & OtonomNasional
Terkini

Munajat Tolak Wabah, PCNU Depok Intruksikan Baca Shalawat Bersanad Nabi Khidir AS

Sejak pemerintah menetapkan virus Corona sebagai bencana non alam nasional di bulan April lalu, keluarga besar Nahdlatul Ulama (NU) tidak terkecuali Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Depok, menyatakan perang melawan pandemi secara lahir batin. Banyak hal diupayakan oleh NU, diantaranya membentuk Satuan Tugas (Satgas) NU Peduli Covid-19 hingga melakukan munajat tolak bala kepada Allah SAW.

“Diperintah atau tidak NU Depok akan mengedepankan pengabdian kepada masyarakat ditengah pandemi ini. Semua SDM kita gerakan demi memutus rantai penularan wabah. Pun termasuk hal penting dalam agama yakni berdoa agar mendapatkan perlindungan dari Nya SWT,” kata Ustadz Achmad Solechan, selaku ketua Tanfidziyah, Jum’at, 8 Mei 2020.

Dikatakannya, kegiatan doa bersama agar Indonesia aman dari Covid-19 melalui wasilah membaca Shalawat merupakan kegiatan ke sekian kalinya. PCNU akan terus melakukan doa apabila dikemudian hari mendapatkan ijazah dari ulama panutan.

Untuk diketahui Wasilah (perantara) yaitu sesuatu yang dapat membawa kita dekat kepada Allah SWT. Sementara dikutip dari NU online Ijazah adalah sesuatu amalan yang diberikan mulai dari Nabi Muhammad kepada sahabat, sahabat kepada tabi’in, tabi’in kepada tabi’it tabi’in sampai kepada para ulama, kiai dan para guru kita semua. 

“Termasuk amalan doa dengan wasilah shalawat yang akan kita baca serentak hari Sabtu, 9 Mei, bertepatan di hari 17 Ramadhan adalah ijazah dari KH. Zaenudin Maksum Ali Wakil Rais Syuriyah PCNU Kota Depok, dan Rais Rabi’ Idaroh Aliyah JATMAN, bersanad ke KH. R. Asnawi Kudus hingga Nabi Khidir AS. Nanti kegiatan munajat Sholawat oleh PCNU Kota Depok ini akan dipimpin oleh KH. Ahmad Bukhori,” terangnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut PCNU memberlakukan protokol pencegahan penularan Covid-19. Munajat tolak wabah di waktu sama dilakukan di rumah masing-masing. Media komunikasi memulai dan mengakhiri pembacaan shalawat ini melalui Whats App grup.

“Sabtu, pukul 20.30 WIB. Di rumah masing-masing. Setiap majlis diwajibkan membaca 3.000 kali,” terangnya.

PCNU Kota Depok_Munajat Sholawat Tolak Wabah Penyakit

Berikut lafal shalawat yang dijadikan sebagai wasilah doa tolak wabah yang bersanad hingga Nabi Khidir As:

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلٰی سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰی أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تَدْفَعُ بِهَا عَنَّا الطَّعْنَ وَالطَّاعُوْنَ يَا مَنْ اَمْرُهُ إِذَا أَرَادَ شَيْئًا اَنْ يَقُوْلَ لَهُ کُنْ فَيَکُوْنَ

Kontributor: Sodiqul Anwar (Team LTN NU Kota Depok)

Tags

Artikel yang berkaitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close