DaerahLembaga & Otonom

Makara UI dan NU Depok Rajut Kebersamaan melalui Tadarus Budaya Ramadhan

DEPOK- Konser Ki Ageng Ganjur berhasil menghipnotis penonton dan larut dalam lantunan musik yang membawakan lagu religi serta lagu yang sedang hits saat ini. Sejumlah artis yang tampil diantaranya Sarah Saputri, Budi Cilok membawakan lagu Iwan fals, Abel Firdausi Saksophonis muda yang santri dll.

Kepala Makara Art Center UI Dr. Ngatawi Al-Zastrouw mengatakan Tadarus Budaya Ramadhan ini adalah rangkaian dari kegiatan syiar ramadhan dari Universitas Indonesia. Pihaknya menggelar kegiatan serupa di dalam dan diluar kampus UI seperti di Depok, Cirebon, Cilacap dan Gunung Kidul.

“Kita selenggarakan di luar kampus sebagai bentuk atensi gerakan kebudayaan kampus UI. Kita akan mengesplorasi seni tradisi yang ada di Nusantara,”ujarnya seusai acara di halaman Kantor PCNU Kota Depok, Kali Mulya, Cilodong.

Menurutnya seni bagi umat islam nusantara sebagai sarana untuk menyampaikan pesan-pesan ajaran agama. Pasalnya, dengan seni ini agama menjadi lebih indah dan gampang diterima. Disamping itu, menjalankan misi merajut keberagaman dan perbedaan. Ia menambahkan, Indonesia baru saja menyelesaikan hajat akbar yaitu pemilu, dimana ada perbedaan pilihan, cara pandang, selera, dan am berjalan dengan lancar.

“Maka saatnya kembali lagi bersatu, bersama lagi dan merajut yang paling enak adalah kesenian. Karena kesenian ini orang diajak seneng bareng, hapy, enjoy bareng, sehingga kesenangan-kesenangan ini yang bisa melepaskan sekat perbedaan pilihan, pikiran yang ada. Kita menggali dan memperkuat tradisi sebagai sarana untuk mengajarkan islam itu supaya wajah Islam dan rasa islam itu indah,”terang Wakil Ketua Lesbumi PBNU ini.

Ketua PCNU Kota Depok KH. Achmad Solechan, M.Si mengatakan Tadarus Budaya Ramadhan ini bagian dari upaya mengasah rasa dan kepekaan dalam dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Melalui penguatan tradisi dan penguatan budaya diantaranya seni musik religi, sholawatan dan lainnya.

“Melalui pendekatan budaya kita bisa masuk tanpa terhalang oleh etnis, suku maupun agama dalam bhineka Tunggal Ika. Ini bagian dari upaya menyebarkan pesan Islam Rahmatan Lil Alamin, Islam yang ramah, penuh kedamaian, cinta kasih sayang,”jelasnya.

“Kita ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang turut hadir dan mendukung seluruh kegiatan sehingga berlangsung dengan lancar. Semoga dengan kegiatan ini mampu memberikan manfaat bagi masyarakat luas khususnya warga Depok,”katanya.

Sekretaris Daerah Kota Depok Supian Suri mengapresiasi kegiatan Tadarus Budaya Ramadhan yang diinisiasi oleh PCNU Kota Depok. Dirinya berharap agar kegiatan tersebut bisa terus diselenggarakan di Kota Depok agar bisa menikmati dan memperkuat persatuan. “Kami ucapkan terima kasih banyak kepada PCNU Kota Depok telah menyelenggarakan kegiatan yang luar biasa ini. Semoga kita bisa terus saling bersinergi dan berkolaborasi bersama dalam membangun Kita Depok,”harapnya.

Meski sempat diguyur hujan, Sekda Kota Depok Supian Suri, Kapolres Kota Depok Kombespol Arya Perdana, Dandim 0505 Kota Depok Letkol Infantri Iman Widiarto tetap setiap menyaksikan konser dari awal hingga akhir acara. Sama halnya dengan para undangan dari jajaran Pengurus PCNU Kota Depok, Badan Otonom NU Depok, Anggota KPUD Kota Depok Dafid, KH. Ahmad Bukhori, KH. Harirudin, Ust. Idham Darmawan, KH. Hendra Mardani dan lainnya tetap setia menikmati acara.

Sebagaimana diinformasikan, sebelum acara konser musik dimulai dengan pembacaan Istighotsah yang berisi bacaan zikir, tahlil, takbir, tahmid dan tasbih serta menyanyikan lagu Indonesia Raya. Di penghujung acara ditutup dengan sholawat mahalul qiyam diiringi musik dan seluruh pimpinan serta artis naik ke atas panggung.

Tags

Artikel yang berkaitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close