DaerahLembaga & Otonom

LP Maarif NU Kota Depok Persiapkan Rancangan Kurikulum Pendidikan Aswaja

PCNU Kota Depok tahun 2021 akan membuat formulasi khusus untuk memperkenalkan dan mendidik generasi muda calon pemimpin di masa yang akan datang dengan paham Ahlussunnah waljamaah.

Merespon tantangan tersebut Jajaran Pengurus NU dan Pimpinan Lembaga NU Kota Depok lakukan rapat koordinasi untuk bermusyawarah dan merumuskan rancangan guna menjawab tantangan ke depan, Kamis (14/1) di Kantor PCNU Kota Depok.

Pada kesempatan ini, Ustadz Achmad Solechan selaku Ketua PCNU Kota Depok menjelaskan bahwa tantangan NU ke depan bukan hanya pada sektor ekonomi saja, melainkan juga pada sektor pendidikan dan kesehatan.

“Kita sudah punya LP Maarif untuk menjawab tantangan pendidikan ke depan, mari kita optimalkan,” kata Ustadz Achmad Solechan.

Disebutkannya LP Maarif merupakan lembaga NU yang mewadahi banyak elemen, di antaranya guru, pelajar, orang tua, instansi pendidikan, dan komponen penggerak pendidikan lainnya.

Pada kesempatan yang sama, Kiai Abdul Mujib menambahkan, optimalisasi rencana LP Maarif ke depan itu harus dilakukan secara matang.

“Kita perlu siapkan formula untuk implementasinya, dan hal ini bisa merujuk ke Jawa Timur dan Jawa Tengah. Namun tetap disesuaikan dengan keadaan di Depok. Selain itu Maarif juga harus bekerja sama dengan Rabithah Ma’ahid al Islamiyah (RMI), di samping itu juga berkoordinasi dengan Pergunu, IPNU-IPPNU, dan lain-lain,” tambah Kiai Abdul Mujib.

Menurut Kiai Jazim Hamidi fokus LP Maarif ke depan itu juga harus memperhatikan nilai-nilai relasi agama dan negara.

“Pelajaran tentang nilai-nilai relasi agama dan negara harus dimuat dalam rancangan, karena hal tersebut sangat dibutuhkan saat ini,” terang Kiai Jazim Hamidi.

Ihwal keadaan masyarakat khususnya pelajar kota Depok yang memprihatinkan ini dibenarkan oleh H. Ahmad Sadeli selaku ketua LP Maarif NU Kota Depok.

“Saya prihatin pada pelajar Depok hari ini, di antara mereka banyak yang hanya beragama sebatas di mulut saja. Sehingga dengan ini sangat tepat jika kita siapkan rancangan kurikulum pendidikan Aswaja,” ujarnya.

Pewarta: Eqtafa Berrasul Muhammad

Artikel yang berkaitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close