Warta

Kunjungi Gereja Katolik Tertua di Makassar, Menag Yaqut: Tidak Ada Agama yang Mengajarkan Kekerasan dan Teror

Ketua Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Yaqut Cholil Qoumas yang juga menjabat sebagai Menteri Agama (Menag) RI mendatangi Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan. Senin (29/3/2021). Hal ini dilakukan untuk mengetahui kondisi pasca ledakan bom di depan Gereja Katedral Makassar pada hari Minggu (28/3/2021) secara langsung.

Di lokasi, Menteri Agama RI ini dengan didampingi Uskup Agung Makassar Mgr John Liku Ada’ langsung berkeliling mengecek sejumlah titik di lingkungan sekitar Gereja.

Pada kesempatan tersebut, Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, kunjungannya ke Gereja Katedral untuk menyampaikan simpati kepada pimpinan serta para jemaat.

“Saya ke sini menyampaikan keprihatinan dan simpati atas musibah yang telah terjadi. Kita semua berharap kejadian seperti ini tidak terulang kembali,” ucapnya.

Gus Yaqut sapaan akrabnya juga meminta Uskup Agung Makassar Mgr John Liku Ada’ untuk menenangkan jemaatnya. Meski telah menjadi sasaran pengeboman, Ia berharap jemaat tidak risau dan merasa takut serta tetap menjalankan ibadah seperti biasa.

“Jangan takut, beribadahlah seperti biasa. Kita lawan dan hadapi teror ini bersama,” ujar Gus Yaqut.

Lebih lanjut Gus Yaqut menjelaskan, memerangi teror dan radikalisme tidaklah mudah, dibutuhkan kesadaran semua pihak untuk bergandengan tangan dan bekerja sama melawan kelompok-kelompok tersebut.

“Kita membutuhkan kerja sama dan dukungan dari semua pihak, aparat keamanan, media, agar tragedi kemanusiaan semacam ini tidak terulang lagi,” jelasnya.

Disampaikannya juga, para pemuka agama agar terus berdakwah dengan mengutamakan jalan yang damai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

“Tidak ada agama yang mengajarkan kekerasan dan teror, karena agama hakikatnya ditempatkan pada fungsinya, yakni menebarkan kedamaian serta kasih sayang. Saya berharap nilai-nilai ini terus disampaikan oleh para tokoh agama,” pinta Gus Yaqut.

Selain mengunjungi Gereja Katedral yang juga merupakan Gereja Katolik tertua di Makassar ini, Ia juga menemui sejumlah korban luka bom di rumah sakit dan memberikan santunan sebagai bentuk perhatian, simpati, dan tanda cinta kasih.

“Saya sangat bersimpati dan memberikan dukungan moral agar mereka diberi ketabahan dan segera sehat kembali,” tuturnya.

Dilansir dari Kompas.tv, Uskup Agung Makassar Mgr John Liku Ada’ merasa terharu dan matanya sampai berkaca-kaca dengan kedatangan Gus Yaqut yang merupakan Menteri Agama RI tersebut.

“Terima kasih atas kedatangan Bapak Menteri Agama ke Gereja kami,” ujar Uskup Agung Makassar tersebut.

Pewarta: Eqtafa Berrasul Muhammad

Tags

Artikel yang berkaitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close