DaerahWarta

Koperasi Cinta Damai Wahid Salurkan 3.600 Paket Sembako

Koperasi Cinta Damai Wahid melakukan gelaran kegiatan membantu pemulihan ekonomi masyarakat rentan, paska pandemi. Kegiatan tersebut diutamakan kelompok perempuan di Depok dan Bogor.

Program Ramadhan for Peace dengan tagar #WahiduntukSemua merupakan program tahunan yang diselenggarakan oleh Koperasi Cinta Damai Wahid.

Kegiatan tersebut sudah sejak 2013 secara rutin setiap tahun di bulan Ramadhan oleh KCD Wahid. Dalam rangka suksesi menggelar giat, KCD Wahid menggandeng bersama dengan kelompok – kelompok perempuan akar rumput.

Pada tahun 2022 ini, KCD Wahid mengangkat tema “Pulih Bersama untuk Dunia Lebih Baik” pada Rabu, 27 April 2022 menyalurkan 3.600 paket bagi kelompok perempuan, anak yatim piatu, dhuafa, dan kelompok marginal.

Ketua Koperasi Cinta Damai Wahid Siti Kholisoh menjelaskan, kegiatan Ramadhan for Peace tidak hanya sekedar memberikan bantuan, namun pesan yang ingin disampaikan adalah perhatian dan keberpihakan kepada kebutuhan masyarakat.

“KCD Wahid yang sejak awal didirikan untuk melanjutkan cita – cita kemanusiaan Gus Dur, harus selalu berada di tengah – tengah masyarakat harus menjadi teman usaha dan sekaligus menjawab tantangan masyarakat langsung. di tengah melambungnya harga minyak goreng kami membagikannya secara gratis kepada masyarakat” tutur Olis

Lebih lanjut Olis Sampaikan di samping program Ramadhan for Peace yang ditujukan untuk berbagi kebahagiaan di bulan Ramadhan, pihaknya bersama tim KCD Wahid selama ini juga membuat program – program pemberdayaan ekonomi bagi perempuan.

“Misalnya kami membuat program paket menabung hari raya, paket menabung untuk Pendidikan, pendampingan usaha komunitas dan berbagai pelatihan – pelatihan usaha. Kami percaya pendekatan ini akan jauh lebih efektif dibandingkan hanya sekedar membagikan paket sembako” tutur Olis.

Keterangan lain juga disampaikan oleh selaku

Dalam kesempatan yang sama, Pengawas Koperasi Cinta Damai Wahid Visna Vulovik menegaskan beberapa kelompok rentan yang menjadi prioritas utama pemberian bantuan.

“Kami menyebarkan sembako diberuntukan untuk dhuafa, yatim, lansia, pekerja lepasan dan yang di sektor informal, orang sakit, korban bencana alam angin puting beliung di sekitar Depok hingga pedagang keliling dan kaki lima.” lanjut Visna

Visna juga menjelaskan alasan mengapa pembagian paket sembako ini cukup merata, pada prinsipnya setiap warga berhak untuk hidup sejahtera dan layak.

“Apapun latar belakang baik agama, keyakinan, ataupun suku, selama mereka memenuhi kriteria sebagai kelompok rentan, maka dibantu,” tegasnya.

Sehingga, lanjut Visna, keberkahan bulan Ramadhan ini dapat dirasakan oleh semua, dan hal inilah sebagai misi utama Islam Rahmatan lil Alamin.

Untuk diketahui, kegiatan ini terselenggara atas kerjasama dengan sejumlah pihak, yakni Darmex Foundation, Sokka Gakai Indonesia, Maybank, Maybank Syariah dan Kreatif Inklusif Indonesia.

“Ada juga beberapa donatur yang secara khusus juga menitipkan penyaluran program kemanusiaan melalui KCD Wahid, kegiatan Ramadhan for Peace akan ditutup dengan kegiatan Talkshow Berkah bersama 20 anak yatim dan 80 dhuafa pada Jumat, 29 April mendatang,”terangnya.

Sebagaimana tambahan informasi, Koperasi Cinta Damai (KCD) Wahid yang didirikan oleh Wahid Foundation pada 2013. Koperasi ini sebagai wadah membangun sustainability, kelompok perempuan dampingan Wahid Foundation mendapatkan akses keuangan dan ekonomi secara adil dan setara.

Sekaligus sebagai media pengorganisasian kelompok ekonomi kecil perempuan, memastikan misi program Desa Damai, salah satu program terbaik Wahid Foundation, membangun daya tahan dan kohesifitas kelompok dalam aspek perlindungan dan pemberdayaan perempuan di tingkat Desa/Kelurahan. Saat ini, sejumlah 350.484 orang telah mendapat dampak dari keberlanjutan Desa Damai dan KCD Wahid.

Kontributor Sodiqul

Tags

Artikel yang berkaitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close