DaerahWarta

Komunitas Pecinta Ziarah Kubur Waliyullah Depok; Jaga Aset Sejarah dan Simbol Spiritual

Komunitas Pecinta Ziarah Kubur Waliyullah di Kota Depok mengadakan ziarah kubur ke makam pejuang dan Penyebar Islam. Adapun makam yang dikunjungi adalah Syekh Mbah Raden Basorun dan Syekh Mbah Jamin dan Syekh Mbah Raden Sungging.

Kegiatan ziarah kubur yang dihadiri para Kiyai diantara KH. Ahmad Bukhari atau yang lebih dikenal mbah mad sebagai mursyid komunitas pecinta ziarah kubur. Selian itu hadir KH. Fathuri Wahmad MA, sebagai Rais Idaroh Syu’biyyah JATMAN Kota Depok.

Hadir juga Ki Luqman sebagai Panglima pecinta ziarah kubur atau kebih dikenal panglima Sarkub Kota Depok. Hadir para ulama lain yakni KH. Muhammad Rais dan KH. Harirudin dan Ustadz serta jamaah para komunitas Sarkub yang di hadirilah juga oleh Ki Kelana dan para pengurus harian kang Hafied dan semua jamaah lainnya.

Dalam kesempatan kegiatan ziarah kubur di Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Cipayung ini juga dibarengi prosesi penyerahan gelar Panglima Sarkub dengan simbolik penyerahan tongkat Panglima.

Dalam kesempatan memberi sambutan, KH. Fathuri Wahmad menyampaikan
Ziarah kubur adalah amaliyah Aswaja Annadliyah. Sebuah tradisi spiritual yang secara rutin dilaksanakan oleh warga Nahdliyin sebagai bentuk mendoakan para Almarhum yang telah meninggal dunia.

Begitu juga ziarah ke makam para orang sholeh dan tWaliyulloh sebagai bentuk melakukan tradisi spiritual, bertabaruk dan mendoakan aulia keramat. Tidak hanya itu, agar diri kita juga selalu dalam lindungan gusti Alloh serta sebagai washilah untuk memperbanyak mengingat akan kematian.

Penulis: Ki Kelana dan Sodiq | Editor: Sodiqul Anwar (Tim Media LTN NU Depok)

Artikel yang berkaitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close