Ke NU-ANKeislaman

Kiprah NU; Berkhidmah untuk Agama, Negara, dan Peradaban Dunia

Perayaan Hari Lahir Nahdlatul Ulama tahun ini sangat istimewa. Menjelang satu abad, NU berkomitmen terus berkhidmat untuk agama, negara, dan peradaban dunia.

KH. Said Aqil Siradj selaku ketua PBNU mengimbau, bangkitnya gairah terhadap agama dewasa ini harus dikawal dengan ilmu agama yang memadai. Dakwah harus diorientasikan pada pendalaman ilmiah (tafaqquh fiddiin). Semangat tafaqquh akan mengantarkan Islam mencapai puncak kejayaan, sebagaimana dahulu Islam menjadi mercusuar ilmu pengetahuan dan teknologi sepanjang abad ke-7-13 M.

“Dakwah Islam harus dibimbing ke arah tafaqquh, agar Islam tidak berhenti sebagai jargon, sentimen, dan fatwa-fatwa hitam putih. Islam bukan sekadar hukum dan aturan, Islam adalah agama dan peradaban yang mengajarkan tentang ilmu pengetahuan dan kemanusiaan,” terang Kiai Said dalam pidatonya yang disiarkan secara virtual, Ahad (31/1/2021).

Lebih lanjut Kiai Said sapaan akrabnya menambahkan, NU akan terus berkhidmat untuk agama, negara, dan peradaban dunia dengan konsep Islam mutamaddin yaitu Islam moderat yang mengusung prinsip wasathiyah dîniyah, wasathiyah siyâsiyah, wasathiyah iqtishâdiyah, dan wasathiyah tsaqafiyah.

“Sikap moderasi dalam agama, politik, ekonomi, dan budaya adalah kunci perpaduan serasi antara Islam dan nasionalisme, demokrasi dan pembangunan ekonomi, agama dan budaya, dan dialog Timur dan Barat,” katanya.

Disampaikannya juga bahwa PBNU berharap masyarakat dapat bijak dalam menggunakan media sosial, serta mengajak seluruh komponen bangsa untuk mendukung langkah-langkah Pemerintah mengatasi pandemi, termasuk dengan menggalakkan vaksinasi.

“Sebagai bentuk ikhtiar kita bersama untuk mewujudkan kemaslahatan umum yang sejalan dengan tujuan agama untuk memelihara agama (حفظ الدين), jiwa (حفظ النفس), nalar (حفظ العقل), harta (حفظ المال), keturunan (حفظ النسل), dan martabat (حفظ العرض) manusia,” jelas Kiai Said Aqil Siradj.

Kontributor: Eqtafa Berrasul Muhammad

Tags

Artikel yang berkaitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close