AL QuranDaerahLembaga & Otonom

Khataman Al-Qur’an, Jamaah Hafidz NU Depok: Berharap Dapat Keberkahan dijauhkan Corona

Di masa pandemi yang tidak tau sampai kapan berakhirnya, Jam’iyyatul Qurra’ Wal-Huffadz Nahdlatul Ulama’ Kota Depok (JQH-NU) terus berikhtiar mengetuk rahmat Allah SWT melalui lantunan ayat-ayat Suci Al Qur’an.

Pembacaan Al Qur’an itu dilantukan oleh para Hafidz-Hafidzah JQH-NU Depok secara Bil Ghaib (tanpa melihat mushaf) pada acara sima’an Al Qur’an dan Lailatul Ijtima’ di kantor PCNU Kota Depok setiap Senin malam Selasa Kliwon.

“Al Qur’an adalah obat. Sebagaimana firman Allah dalam surat Al Isra’ ayat 82 yang artinya: “Dan Kami turunkan dari Al-Qur’an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-Qur’an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.” Tandas Ustadz Imam Nafi’ Junaidi, SQ. M. Hum selaku ketua JQH-NU Kota Depok, 6 Oktober 2020.

Ia juga menerangkan, keberkahan lantunan Al Qur’an tidak hanya bagi pembacanya. Namun bagi orang yang mendengarkan, bahkan yang menyimaknya juga akan mendapatkan keberkahan. Dalam kondisi pandemi ini, keberkahan bisa kita artikan sebagai obat lahir maupun batin.

Berkaitan dengan hal itu, Ustad Imam mengutip riwayat Hakim dari Abu Said:

اعطوا اعينكم حظها من العبادة: النظر فى المصحف والتفكر فيه والاعتبار عند عجائبه.

Arti: berilah matamu bagian dari perbuatan ibadah: melihat Mushaf Al Qur’an (membaca Al Qur’an), memahami isinya, serta mengambil pelajaran dari keajaiban-keajaiban susunannya (HR. Hakim dari Abu Musa).

Maka sudah sepantasnya, lanjut Ustadz Imam Nafi’ sebagai seorang Muslim yang diwarisi berupa Al Qur’an untuk selalu membacanya dimanapun dan kapanpun. Terlebih dalam situasi di tengah merebaknya wabah ini.

“Kita perlu mendekatkan diri kepada Allah dengan cara membaca Al Qur’an,” tambahnya.

Disebutkannya, tempat yang didalamnya dibacakan Al Qur’an setidaknya akan mendapat empat kebaikan. Antara lain, yaitu akan diturunkan ketenangan, dipenuhi oleh rahmat Allah, dinaungi oleh para Malaikat, dan dibanggakan oleh Allah dihapan makhluknya yang ada di langit.

“Bagi warga Depok yang ingin memperdalam Al Qur’an, maka JQH-NU Kota Depok siap mengirim ustadz dan ustadzah yang kompeten yang akan membantu untuk mempelajari Al Qur’an. Baik untuk Bapak-bapak, Ibu-Ibu, Remaja dan Anak-anak,” tambahan informasi Ustadz Imam.

Kontributor: Ikmal JQH

Artikel yang berkaitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close