Ke NU-ANKeislaman
Terkini

Kalimat Ektase (Syatahat) Ringkasan Kitab al-Futuhat al-Makiyah

Shaykh Ibn al-‘Arabi menjelaskan beberapa prinsip dasar yang harus menjadi landasan para salik dalam berhijrah menuju Allah.

  1. Melazimkan khalwat dan zikir
  2. Mengkosongkan pikiran dan hati dari warna warni duniawi
  3. Bersimpuh di hadapan Allah sebagai seorang fakir.

Seorang salik adalah seseorang yang menjalani disiplin spiritual dalam menempuh jalan sufisme Islam untuk membersihkan dan memurnikan jiwanya, yang disebut juga dengan jalan suluk.

Ketika para salik bisa mengamalkan hal tersebut secara istiqamah maka akan memperoleh limpahan dan anugerah ilmu-ilmu batiniyah yang bisa memahami ilmu-ilmu dan rahasia-rahasia ketuhanan (ilmu laduni) yang sumbernya langsung dari Allah sebagaimana diperoleh oleh Nabi Khidr.

Shaykh Ibn al-‘Arabi memperkuat argumentasinya dengan ayat al-Quran surat al-Kahfi 64, surat al-Baqarah 282, surat al-Anfal 29, surat al-Hadid 28. Juga dengan rujukan para sufi yang memperoleh anugerah ilmu-ilmu ketuhanan, seperti ungkapan Shaykh Junaidi ketika ditanya, bagaimana anda bisa memperoleh limpahan ilmu ketuhanan ? Setelah aku duduk pada maqam (salik) selama 30 tahun.

Kemudian Ibn Arabi mengutip kalimat ektase Abi Yazid al-Busthami yang dikenal dengan konsep Ittihad yaitu:

اخذتم علمكم ميتا عن ميت واخذنا علمنا عن الحي الذي لايموت

Artinya: Engkau memperoleh ilmu yang mati dari yang mati, sedangkan aku memperoleh ilmu dari yang hidup yang tidak pernah mati.

Selanjutnya, Shaykh Ibn Arabi membagi pengetahuan menjadi tiga:

  1. ilmu akal yaitu ilmu yang diperoleh dengan cara belajar
  2. ilmu ahwal yaitu ilmu yang dirasakan (ilmu dzawq) setelah mengamalkan zikir, riyadhah mujahadah
  3. ilmu asrar yaitu ilmu rahasia ketuhanan di luar dimensi akal, ilmu ini semata2 anugerah Allah yang diberikan kepada para Nabi dan para Wali.

Karena itu, bagi para salik yang bersungguh-sungguh dan istiqamah akan merasakan limpahan ilmu ketuhanan dan rahasia ketuhanan.

al-Rabbani, 4 April 2020
Penulis Kiai Ali M. Abdillah |Pimpinan Al-Rabbani Islamic Colege.

Artikel yang berkaitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cek Juga

Close
Back to top button
Close