DaerahLembaga & Otonom

Intip Kesuksesan PC Fatayat NU Dalam Membina UMKM, Begini Manajemennya

Pimpinan Cabang ( PC )Fatayat NU Kota Depok tergolong sukses menjalankan kerja-kerja organisasi. Hal ini dibuktikan dengan adanya keseimbangan antara program penguatan keagamaan, kesehatan perempuan hingga kesejahteraan ekonomi kader.

Kesuksesan PC Fatayat NU Kota Depok bukan isapan jempol belaka, namun benar adanya. Semua progam berjalan dan serta mengadakan rutinitas kegiatan. Program dakwah dan Khataman Alqur’an contohnya, selalu ada di setiap kegiatan Rutinan Bulanan. Pun Pogram Ekonomi selalu ada pembinaan. Semua Bidang selalu memeriahkan di setiap acara.

Berbicara kesuksesan PC Fatayat NU Kota Depok dalam membina kader yang bergerak di bidang ekonomi, penulis melihat ada cara unik dan beda dalam menjalankan organisasi. Apa itu?. Berdasarkan hasil pantauan penulis, Ketua PC Fatayat NU Ade Rina Farida memakai berbagai cara, diantara:

1. Memakai Metode Desentralisi

Apa itu Desentralisasi, adalah pemencaran, atau pengawapusatan merupakan suatu bentuk pemberian kewenangan kepada unit-unit atau pengelola-pengelola dengan tingkat kewenangan yang lebih rendah di dalam suatu struktur organisasi. Tujuannya untuk membentuk delegasi yang mampu mengadakan pengambilan keputusan secara mandiri.

Artinya setiap gerakan dan kegiatan dan keputusan organisasi tidak melulu terpusat oleh ketua PC Fatayat. Penawaran gagasan atau pelaksaan bisa dari tim kecil seperti pengurus bidang.

Hal sama juga berlaku untuk pengurus di tingkat bawahnya seperti Pimpinan Anak Cabang (PAC) di semua kecamatan.

2. Berupaya Mengkader Generasi Penerus

Bagi penulis cara tersebut menjadi bagian penting. Yakni Ade Rina selalu ketua berupaya mengkader agar generasi penerus lebih berdaya. Setiap pengurus yang lebih senior memberikan peluang ke kader yang lebih muda untuk bergerak.

Tindakan ini terbukti, setiap kegiatan atau undangan dari ekternal kader muda dikasih porsi agar terlibat aktif. Ini menandakan Ade Rina peduli berbagi Jaringan organisasi ke semua kader. Bahkan jaringan Internasional sekalipun.

3. Moto Kesuksesan Hasil kerjasama

Berdasarkan pantauan, Ade Rina Farida dalam kesempatan memberi sambutan, diketahui selalu mengucapkan terimakasih kepada siapapun yang terlibat aktif. Bahkan tidak sungkan menyebut nama siapa saja yang terlibat dalam menyukseskan pelaksanaan kegiatan. Hal ini menunjukan opini publik yang positif. Siapapun menjadi pendengarnya puas. Peran sekecil apapun diakui olehnya.

4. Memberi Apresiasi ke Kader dengan Hal Kecil

Di beberapa kali kesempatan Ade Rina terpantau memberikan apresiasi kepada siapapun yang dianggap pantas mendapatkan penghargaan, baik secara langsung dan tidak langsung.

Seperti kegiatan tingkat kecamatan, pada waktu pengurus PAC Fatayat NU mengadakan kegiatan, atas nama organisasi tingkat cabang memberi suporting dana.

Bahkan tidak jarang memberi apresaisi kader secara individu diberi hadiah berupa buku atau kerudung. Atau sekedar membeli prodak ke pelaku UMKM. Bahkan melakukan pemesasan produk sekala besar kepada pelaku UMKM binaan.

Begitulah manajemen organisasi yang diterapkan oleh Ketua PC Fatayat NU Kota Depok yang bisa diketahui oleh publik. Tentu ilmu tersebut bisa menjadi inspirasi bagi seluruh kader.

Sumber informasi diolah dari hasil pengamatan di lapangan.

Penulis; Tim Redaktur NUDepok.com

Tags

Artikel yang berkaitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close