DaerahPesantrenTokoh
Terkini

Haul Ke-3 KH. Hasyim Muzadi: Kehadiran Gus Baha Memberikan Semangat Baru

Dalam memperingati Haul ke-3 KH. Hasyim Muzadi Pesantren Al-Hikam Depok menggelar ragam rangkaian acara Haul diselenggarakan diantaranya: Dialog Kebangsaan yang menghadirkan sejumlah tokoh Nasional, Semaan Al-Qur’an 30 juz, tahlil, zikir, doa dan Pengajian bersama Gus Baha (KH. Bahauddin Salim)

Yusron Ash-Shidqi selaku panitia sengaja mengundang Gus Baha. Kehadiranya dinilai penting karena memberikan semangat baru di dunia Pesantren.

“Melalui pengajian Gus Baha yang bisa dilihat secara online. Ini telah banyak menyadarkan para ustadz, mereka banyak yang bilang saya pengen ngabdi di Pesantren ngajar santri,” katan Yusron selaku panitia Peringatan Haul Ke-3 KH. Hasyim Muzadi dan 100 Hari Gus Hilman Wajdi. Masjid Pesantren Al-Hikam, Kukusan, Beji.

Yusron mengungkapkan, momen Haul tersebut juga menjadi refleksi dari keberadaan Pesantren di tengah masyarakat. Menurutnya, sistem Pendidikan di Pesantren memiliki salah satu kelebihan diantaranya pembentukan karakter melalui kemandirian dan keteladanan.

“Di Pesantren itu mengajarkan kitab kuning dan ini juga bagian dari menumbuhkan tradisi keilmuan di Pesantren,”paparnya.

Ia menambahkan, model pengajaran Kitab Kuning yang menggunakan teks Arab tanpa harakat memiliki keunikan tersendiri. Yaitu: sang guru membaca perkata dengan memberikan harakat serta menterjemahkannya ke dalam bahasa Arab.

“Disini membutuhkan kesabaran karena pembahasan sebuah kitab dari awal sampai akhir. Justru inilah yang melestarikan tradisi Pesantren. Mungkin saudara kita ada yang belajar dengan metode secara tematik dan itu juga bagus,”terangnya.

Hasil reportase telah hadir para jamaah masyarakat sekitar mengikuti acara Haul dan mendengarkan pengajian Gus Baha. Turut hadir Para Ulama, Kiyai, Ustadz, Santri.

Kontributor : Sidqia Niftita Hetin | Editor: Sodiqul Anwar (Tim Media LTN NU Depok)

Artikel yang berkaitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close