DaerahWarta

Hari Kebangkitan Nasional, Peace Leader, LTNNU dan Pergunu Depok Gelar Peace Goes to School

Peace Leader Indonesia Regional Jawa Barat yang diketuai Hakim Hasan peringati hari kebangkitan Nasional dengan mengadakan sosialisasi Perdamaian dan Sekolah Ramah Anak dengan tema “Peace goes to School” menggandeng Pengurus Cabang (PC) Pergunu Kota Depok dengan menghadirkan Dr. Aris Adi Laksono selaku Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Dr. Hj Lilis Fauziah Balqis aktivis perempuan sekaligus dosen universitas Djuanda Bogor, Redi Saputro Ketua Nasional Peace Leader Indonesia. Bertempat di Sekolah Lazuardi Al-Falah jalan Margonda raya no 200, Kota Depok pada, Sabtu (20/05).

Gus Aris, panggilan akrab KPAI sub komisi pengawasan dan evaluasi, mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh Peace Leader Indonesia Regional Jawa Barat, yang menggandeng PC Pergunu dan LTNNU Kota Depok dengan menghadirkan banyak pelajar se-Kota Depok dan belasan Guru pendampingnya.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan hari ini, bisa bertemu para pelajar dari beragam etnis, agama dan budaya yang hadir atas undangan Peace Leader, bekerjasama dengan Pergunu, untuk memberikan ruang dan wadah kebersamaan, saling mengenal dan sharing pengalaman masing-masing di sekolah terkait dengan keberagaman,” ungkap Dosen Universitas KH Abdul Chalim Mojokerto tersebut.

Tambah Gus Aris “kegiatan serupa harus sering diadakan di sekolah lainnya agar semua menikmati perdamaian yang sesungguhnya.”

Hal senada juga disampaikan Kasubak Kemenag Kota Depok H Hasan Basri Mewakili Kepala Kemenag Kota Depok, dalam sambutan menyatakan pentingnya untuk terus menyuarakan perdamaian sejak dini dan mengapresiasi kegiatan yang diadakan di sekolah Islam Lazuardi.

“Alhamdulillah, kegiatan seperti ini perlu diadakan kembali di sekolah-sekolah lainnya, agar mendapatkan manfaat yang luar untuk masyarakat”.

Dosen universitas Djuanda Bogor, Hj Lilis Fauziah Balqis memberikan materi terkait dengan Moderasi Beragama. Redi Saputro Ketua Nasional Peace Leader Indonesia sebagai trainner untuk para pelajar lintas iman se-Kota Depok. Dan juga turut hadir dalam kegiatan Peace goes to School, Program Manager Asian Muslim Action Network (AMAN) Indonesia, Hanifah Haris memberikan opening speech dan memantik kegiatan para pelajar di lantai tiga dan juga menjadi fasilitator di forum guru-guru.

Dari puluhan pelajar mengikuti kegiatan Peace Goes To School dengan happy n fun hingga akhir acara sesuai schedule.

Kegiatan ditutup dengan deklarasi pelajar Damai, dengan komitmen para pelajar dari 30 sekolah yang hadir untuk selalu berkomitmen dengan NKRI dan terus menjadi pelajar yang berasaskan Pancasila.

Beberapa lembaga ikut serta dalam kolaborasi kegiatan tersebut, Peace Leader Indonesia Regional Jawa Barat bekerjasama dengan Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PERGUNU), Lembaga Talif wan Nasyr (LTNNU) Depok, yang didukung oleh Asian Muslim Action Network (AMAN) Indonesia, juga Joint Initiative for Strategic Religious Action (JISRA).

Pewarta : Abdul Mun’im Hasan

Artikel yang berkaitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close