AqidahDaerahTokoh

Habib Abu Bakar Ajak Jamaah Memperkuat Keyakinan Kepada Allah

Abuya Al Habib Abu Bakar Bin Hasan Al Athos Azzabidi Mustasyar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Depok menghadiri pengajian Majelis Taklim Muslimat NU Qotrun Nada yang disiarkan secara langsung melalui chanel youtube Qothrunnada Media, Selasa (24/11/2020). Kegiatan ini dihadiri oleh para jamaah yang terdiri dari warga NU dan masyarakat umum.

Dalam kesempatan ini Habib Abu Bakar Bin Hasan Al Athos Azzabidi mengkaji kitab Adab Al-Alim wa Al-Muta’allim fima Yahtaj Ilaih Al-Muta’allim fi Ahwal Ta’allumih wa Ma Yatawaqqaf Alaih Al-Muallim fi Maqamat Ta’limih karangan Hadratus Syekh KH. Hasyim Asy’ari.

Abuya Habib Abu Bakar mengingatkan pada seluruh jamaah bahwa sudah seharusnya umat manusia selalu bermuraqabah agar kuat hubungannya dengan Allah dan hilang pikiran negatif darinya.

“Muraqabah berarti yakin dan percaya bahwa Allah selalu mengawasi dan melihat apa yang dilakukan oleh umat manusia,” terangnya.

Disebutkannya, muraqabah juga merupakan salah satu bentuk ikhtiar untuk lebih mendekatkan diri pada Allah, sebagaimana yang disampaikan oleh Imam Al Qusyairi bahwa muraqabah dibagi menjadi dua.

Pertama, Muraqabah yang berkaitan dengan sikap, perilaku, dan yang berkaitan dengan hubungan sesama manusia. Contoh sikapnya adalah dengan tetap menjaga keridhoan orang lain terhadap kita. Sedangkan yang kedua, muraqabah kepada Allah. Meyakini bahwa Allah selalu mengetahui apa yang kita kerjakan.

“Dengan selalu bermuraqabah, kita sudah berusaha untuk terus mendekatkan diri kepada Allah. Supaya Allah ridho dan umat manusia tetap yakin bahwa Allah selalu mengawasi segala apa yang dikerjakan dan diperbuatnya,” tegas Abuya Habib Abu Bakar kepada seluruh jamaah yang hadir.

Pewarta: Neng Dewi Anggraeny

Artikel yang berkaitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close