Lembaga & OtonomNasional

Gus Yaqut Jadi Menteri Agama

H. Yaqut Cholil Qoumas ditunjuk dan dipilih oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Agama Republik Indonesia 2020-2024, Selasa (22/12/2020). Dalam hal ini H. Yaqut Cholil Qoumas atau yang biasa disapa Gus Yaqut dipilih untuk menggantikan Fachrul Razi.

Pelantikan dan pengesahan struktur kabinet pemerintahan yang baru disiarkan secara live dari Istama Merdeka Jakarta melalui kanal youtube Sekretariat Presiden, Presiden Jokowi menyebutkan bahwa Gus Yaqut merupakan tokoh muslim yang akan diberikan amanah sebagai Menteri Agama RI.

“Yang keempat adalah Bapak Yaqut Cholil Qoumas, beliau meruoakan tokoh muslim ketua PP GP Ansor dan akan kita berikan tanggung jawab sebagai Menteri Agama,” kata Jokowi.

Gus Yaqut adalah salah satu tokoh kelahiran Rembang yang lahir pada tanggal 4 Januari 1975 dari pasangan KH. Muhammad Cholil Bisri dan Hj. Muhsinah Cholil.

Yaqut muda dididik dan dibesarkan di Pesantren Ayahandanya yaitu di Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Leteh, Rembang.

Ia aktif berorganisasi, dan saat menempuh jenjang pendidikan tinggi ia mendirikan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Depok pada tahun 1996-1999 di Universitas Indonesia.

Karir politiknya dimulai dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), ia sempat menjabat sebagai ketua DPC PKB Kab. Rembang tahun 2001-2014, Anggota DPRD Kab. Rembang tahun 2005, Wakil Bupati Rembang 2005-2010, dan Wakil DPW PKB Jawa Tengah tahun 2012-2017.

Saat ini, ia aktif di organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan, dan menjadi Ketua Pengurus Pusat Gerakan Pemuda Ansor di bawah naungan Nahdlatul Ulama periode jabatan 2015-2020.

Pewarta: Eqtafa Berrasul Muhammad

Artikel yang berkaitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close