Keislaman

Bolehkah Beras Bantuan dipakai Bayar Zakat Fitrah?

Pertanyaan,

Assalamualaikum ustad sya mau tanya apakah boleh Beras dapat bantuan dari pemerintah di buat Zakat Fitrah?

Jawaban,

Wa alaikumussalam. Boleh jika memang Tidak ada beras lagi selain beras bantuan. Kondisi inj kategori darurat.

Artinya seseorang muslim hanya punya kelebihan rizki beras dari bantuan atau sumbangan, maka Ia tetap diwajibkan membayar zakat dan boleh di zakati.

أما حكم المسألة فاتفقت نصوص الشافعي والاصحاب علي أنه لا تجب الفطرة حتى تفضل نفقته ونفقة من يلزمه عن نفقته ليلة العيد ويومه

Artinya, “Terkait hukum masalah ini, nash imam Syafi’i dan ulama ashab bersepakat, zakat fitrah tidak wajib sehingga ada kelebihan nafkah dirinya dan orang yang menjadi tanggunganya pada malam dan hari raya,” (Lihat Imam An-Nawawi, 2010 M: VI/62). Imam An-Nawawi pada Kitab Raudhatut Thalibin menambahkan, orang yang sedang mengalami kesulitan rezeki (mu‘sir) tidak terkena kewajiban zakat fitrah. Semua orang yang tidak memiliki kelebihan nafkah untuk dirinya dan keluarga yang menjadi tanggungannya pada malam dan hari raya untuk dikeluarkan sebagai zakat fitrah adalah adalah mu‘sir.

ومن فضل عنه ما يخرجه في الفطرة من أي جنس كان من المال فهو موسر ولم يذكر الشافعي وأكثر الأصحاب في ضبط اليسار والاعسار إلا هذا القدر

Artinya, “Siapa saja yang memiliki kelebihan harta dari jenis apapun yang dapat dikeluarkan sebagai fitrah adalah musir (orang yang mengalami kemudahan/kelonggaran rezeki). Imam As-Syafi’i dan kebanyakan ulama ashab tidak menyebut ukuran kemudahan dan kesulitan seseorang kecuali dengan ukuran tersebut,” (Lihat Imam An-Nawawi, Raudhatut Thalibin wa Umdatul Muftin, [Beirut, Darul Fikr: 2005 M/1425-1426 H], juz II, halaman 193).

Dari sini kemudian, kita dapat menyimpulkan bahwa siapapun yang memiliki kelebihan stok makanan pokok berupa beras pada hari raya meski awalnya berasal dari sumbangan orang lain tetap terkena kewajiban zakat fitrah karena itu sudah menjadi miliknya.

Dijelaskan oleh Ki Kelana, wakil ketua LD-PCNU Kota Depok.

Artikel yang berkaitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close