InternasionalNasional

Bertemu dengan Menlu, PBNU Sampaikan Ketegasan Menolak Eks ISIS Kembali Tanah Air

Jakarta, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi ke kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Jalan Kramat Raya 164, Jakarta, Selasa, 11 Februari 2020.

Dalam pertemuan tertutup, Kiai Said mengaku telah menyampaikan banyak hal tentang pandangan NU terhadap Isu pemulangan Eks ISIS ke Indonesia.

Melansir dari NUonline, Kiai Said untuk menguatkan pendapatnya mengutip Al-Qur’an Surat al-Ahzab ayat 60. Ayat tersebut mengkisahkan seseorang yang mengganggu ketenangan suatu daerah harus diusir.

“Orang bikin gaduh usir dari Madinah. Jangan sampai mengganggu ketenangan,” ujarnya.

Masih penjelasan Kiai Said, oleh karena itu, Ia tegas menolak kedatangan kombatan ISIS ke Nusantara. Mereka keluar dari Indonesia gabung ke ISIS atas kemauan sendiri.

“Saya kira tidak ada salahnya pemerintah menolak kepulangan mereka,” kata Kiai Said yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Al-Tsaqafah, Ciganjur, Jakarta Selatan.

Kiai Said juga mengapresiasi Retno yang konsisten membela Palestina. “Ini amanat negara dan agama juga. Harus kita perjuangkan,” katanya.

Mengutip NUonline, pertemuan Menlu Retno dengan Ketua Umum PBNU juga dihadiri oleh Ketua PBNU H Robikin Emhas, H Hanief Saha Ghafur, KH Aizuddin Abdurrahman, Sekretaris Jenderal H Ahmad Helmy Faishal Zaini, Wakil Sekretaris Jenderal Andi Najmi Fuadi dan Imam Pituduh.

Kontributor: Sodiqul Anwar (Tim Media LTN NU Depok)

Artikel yang berkaitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cek Juga

Close
Back to top button
Close