DaerahWarta

Berbagi Pengalaman Urus Kendaraan yang terkena E Tilang, begini caranya

Sejak 23 Maret 2021 MARKAS Besar Kepolisian RI telah memberlakukan electronic traffic law enforcement (ETLE) Sebanyak 12 kepolisian daerah (polda) ditetapkan sebagai percontohan nasional tilang elektronik yang dioperasikan dengan bantuan kamera-kamera pemantau CCTV yang ditempatkan di sejumlah tempat.(INDONESIA.GO.ID)

Puluhan Camera pemantau berteknologi canggih telah dipasang dan dioperasikan disejumlah ruas jalan. Camera pemantau ini akan menyasar jenis kendaraan baik roda 4 maupun roda 2 yang melanggar lalu lintas.

Pemberlakuan peraturan ETLE tentu mengejutkan bagi pengendara wilayah Jabodetabek. Pasalnya, sebelumnya kinerja tilang-menilang dilakukan oleh manusia (Polantas), yang tentu banyak celah melakukan nego ditempat. Kini adanya ETLE nyaris tidak bisa ada kata nego kesalahan lalu lintas berkendara.

Hari ini, mungkin pembaca pernah melanggar berkendara dan terkena ETLE tapi belum merasa(umumnya dirasakan oleh pemilik kendaraan yang baru beli second). Atau sudah mengerti karena mendapatkan surat cinta dari Kepolisian Metro Jaya, Direktorat Lalu Lintas. Atau bahkan pembaca lagi bingung mengurus ETLE karena surat tanda nomor kendaraan (STNK)-nya sudah diblokir.

Bagi pembaca (baru beli mobil/motor second) yang belum memahami apakah kendaraan sedang terkena, baiknya segera lakukan pengecekan di link https://info86.page.link/cekranmordki. Caranya mudah, masukan Nomor Polisi Kendaraan anda tanpa memasukan NIK, lalu pilih pencarian. Nanti akan muncul hasilnya apakah kendaraan terkena ETLE atau tidak.

Bagi pembaca baru saja mendapatkan surat cinta, tenang jangan panik. Asal tabungan uang di BRI masih cukup, langsung saja urus tampa harus keluar rumah. Caranya, gampang. Pada surat cinta tersebut ada Scan QR Code bukti pelanggaran, scan saja pakai camera Handphone (HP).

Untuk HP yang jadul lakukan scan melalui camera google. Di Google ada menu berlogo Camera, klik saja. Nanti akan muncul link pada hasil tangkapan layar Camera, tombol link tersebut. Lalu ikuti petunjuk, halaman pertama ada data kendaraan. Halaman berikutnya ada layanan kofirmasi urus ETLE. Agar menu layanan ini muncul tombol saja tulisan Konfirmasi. Setelah muncul isian form ikuti petunjuk. Hingga melalukan pembayaran melalui Briva (layanan khusus Bank BRI).Jangan coba-coba lakukan pembayaran dengan Bank Lain larena beda layanan.

Berapa besaran biaya pembayaran, tergantung pelanggaran(cek tebusan pelanggaran).

Bukti pembayaran simpan dan bawa ke Ditlantas polda metro jaya jalan MT Haryono kav 6 jakarta selatan, Jl. Letjen M.T. Haryono No.58-59, RT.1/RW.6, Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12780, Indonesia. Alamatnya dekat tugu pancoran. Bagitu sampqi kantor Ditlantas, masuk, ambil nomor antrian, ikuti aturan antri. Bukti pembayaran tersebut nanti akan dilakukan pencatatan dan mwngeluarkan surat keterangan bahwa ETLE sudah diselesaikan adminiatrasinya. Oya, urus ETLE ini tidak harus bawa kendaraan. Kecuali waktu meminta buka blokir STNK.

Nah lanjut, untuk bagi pembaca yang sekarang STNK sedang di blokir karena terkena ETLE, jangan panik. Pastikan pikiran terus berfikir positif, bahwa ini ujian. Hehe.

Oya, saya kasih tahu, jika pembara baru beli mobil second, lalu mau urus pajak tahunan, terkena Blokir STNK, jangan marah. Hal ini sudah menjadi konsekuensi bagi pembeli mobil Second. Buat pelajaran bagi calon pembeli kendaraan second cek dulu, apakah terkena ETLE di tahun 2020-2021 tidak. Jika iya suruh bayar dulu pemilik lama.

Kenapa STNK diblokir. Umumnya diblokir karena kendaraan tersebut sebentar lagi akan melakukan pembayaran pajak tahunan. Nah kendaraan yang diblokir tidak bisa melalukan pembayaran pajak tahunan. Buka blokir dulu baru bayar pajak.

Gimana cara urus blokir STNK?. caranya sama seperti terkena ETLE seperti di atas. Bedanya, setelah diurus pembayaran tilang nanti akan mendapatkan surat permohonan membuka blokir ditunjukan ke Samsat. Mungkin menjadi wewenang Samsat membuka Blokir. Nah saat urus membuka blokir STNK, pastikan surat kendaraan lengkap dan bawa kendaraan agar dapat dilakukan cek fisik.

Lalu bagaimana dengan orang yang terkena ETLE tapi sibuk. Gunakan jasa profesional. Asal mampu membayar mereka. Hehe

Penulis: Sodiq, berpengalaman urus ETLE dan blokir STNK

Artikel yang berkaitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close