Keislaman

5 Malam paling Mustajab untuk berdoa, Salah Satunya Malam Nisfu Sya’ban

Ada beberapa bulan dalam kalender Islam, salah satunya bulan Syaban yang berada di antara bulan Rajab dan bulan Ramadan. Umat Islam sangat menantikan bulan ini, khususnya saat malam Nisfu Sya’ban.

Malam Nisfu Syaban merupakan momen istimewa untuk menyambut datangnya bulan Ramadan. Di malam ini, umat Islam dianjurkan memperbanyak amalan saleh. Pada sebagian riwayat, malam pertengahan Sya’ban adalah malam paling mulia setelah malam al-Qadr, malam diturunkan Al-Qur’an.

Diriwayatkan dari Nabi Muhammad Saw dan para Ulama Salaf mengenai keutamaan menghidupkan malam Nisfu Sya’ban dengan beribadah didalamnya. Diantaranya disebutkan dalam riwayat, “Malaikat Jibril As membangunkan Nabi Muhammad Saw pada malam Nisfu Sya’ban dan memesankan kepadanya untuk mendirikan salat, membaca Al-Qur’an serta memperbanyak doa dan istighfar.”

Salah satu keistimewaan malam tersebut dengan masyhur disebutkan bahwa malam Nisfu Sya’ban dengan sebutan Barat (برات ). Barat / baroat secara etimologi bermakna nota atau surat yang dibuat sebagai bukti atas pengambilan uang atau barang berharga lainnya dari seseorang. Arti terminologinya yang dikaitkan malam Nisfu Sya;ban, adalah malam dimana Allah Swt memberikan nota atau surat pembebasan dari ancaman neraka Jahannam kepada hamba-hambaNya yang mengidupkan malam dengan ibadah pada malam itu.

Imam Muhammad bin Idris As-Syafii dalam kitabnya Al-Umm menjelaskan berkaitan dengan 5 malam yang semua doa di ijabah oleh Allah Swt.

بَلَغَنَا أَنَّهُ كَانَ يُقَالُ: إِنَّ الدُّعَاءَ يُسْتَجَابُ فِي خَمْسِ لَيَالٍ: فِي لَيْلَةِ الْجُمُعَةِ، وَلَيْلَةِ الْأَضْحَى، وَلَيْلَةِ الْفِطْرِ، وَأَوَّلِ لَيْلَةٍ مِنْ رَجَبٍ، وَلَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ

Artinya: “Telah sampai berita pada kami bahwa dulu pernah dikatakan: Sesunguhnya doa dikabulkan pada lima malam: malam Jumat, malam hari raya Idul Adha, malam hari raya Idul Fithri, malam pertama bulan Rajab dan malam nishfu Sya’ban.”
• Sayyidul Ayyam
• Idul Adha, saat dimana banyak manusia dari penjuru dunia melaksanakan ibadah di tanah Haram
• idul Fitri, saat seluruh umat Islam selama 1 bulan penuh melaksanakan ibadah yang paling dicintai oleh Allah SWT, yaitu Puasa. Sebagai dalam hadis:
• awal bulan Rajab
• malam pertengahan bulan Sya’ban.

Selain itu, malam Nisfu Syaban menjadi waktu yang tepat untuk memperbanyak amalan sunnah yang lain seperti memberbanyak doa dan membaca Al Quran. Pasalnya, malam ini juga disebut sebagai Lailat al-Du’a atau Malam Berdoa.

Wallahualam bissawab

Tags

Artikel yang berkaitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close